WhatsApp-Button WhatsApp-Button
#
#

The Specialist Clinic

Mengenal Problem Based Learning

Problem Based Learning (PBL) adalah metode pembelajaran yang menggunakan masalah – masalah atau kasus sebagai titik pangkal pembelajaran dan penggunaan pengetahuan. Hal ini termasuk penggunaan pengetahuan baru yang diakuisisi oleh peserta belajar selama proses memecahkan masalah.

Secara tradisional metode PBL digunakan tahun 1920-an oleh Celestine Freinet, seorang guru SD yang mengikuti Perang Dunia I. Sekembalinya dari medan perang, Freinet mengajar lagi di sebuah desa bernama Barsur-Loup yang terletak di bagian tenggara Perancis.

Namun keadaan tidak seperti dulu, Freinet pulang dengan cedera serius sehingga dia mengalami kesulitan bernafas. Karena tidak mungkin lagi banyak menjelaskan atau ceramah, maka Freinet pun mengubah metode mengajarnya. Siswa – siswa SD diminta untuk secara aktif belajar sendiri seperti membaca, berdiskusi, menjawab pertanyaan, mengerjakan soal, dan sebagainya. Dengan kata lain siswa SD di kelas Freinet lebih aktif daripada gurunya. Kelas Freinet menjadi cikal bakal dari metode Problem Based Learning.

Periode tahun 1960 – 1970 metode ini dikembangkan dan digunakan di fakultas – fakultas kedokteran. Tercatat beberapa perguruan tinggi menggunakan metode ini dan yang paling terkenal adalah McMaster University Medical School, Canada, dipelopori oleh Howard Barrows dengan nama Problem Based Learning.

Saat itu Barrows menemukan bahwa metode pengajaran tradisional kurang relevan untuk mahasiswa di sekolah medis. Karena pada prakteknya dunia medis sangat sarat dengan kasus dan permasalahan.

Di masa sekarang PBL tidak hanya digunakan untuk pembelajaran kedokteran, namun digunakan juga untuk pembelajaran ilmu ekonomi, sosial, engineering, dan sebagainya. Tentu saja termasuk pembelajaran di organisasi atau perusahaan.

Didalam training misalnya, metode ini sangat memungkinkan dipakai. Apalagi di perusahaan banyak sekali permasalahan yang akan dihadapi oleh SDM, karena itu metode PBL bukan saja membuat karyawan memiliki pengetahuan dan keterampilan, tapi juga terbiasa untuk menghadapi dan menyikapi masalah – masalah yang muncul di tempat kerja sehari – hari.

Bagaimana…. tertarik menggunakan PBL di training – training anda ?